Mantap, Juara 1 FLS2N Tingkat Provinsi Riau, Tim Tari SMKN 1 Rengat Wakili Riau di Tingkat Nasional

Mantap, Juara 1 FLS2N Tingkat Provinsi Riau, Tim Tari SMKN 1 Rengat Wakili Riau di Tingkat Nasional
Tim Tari SMKN 1 Rengat saat tampil pada ajang FLS2N tingkat Provinsi Riau untuk kategori lomba tari tradisional di Hotel Furaya Pekanbaru.
INHU - Tim tari SMK Negeri 1 Rengat tampil sebagai juara pertama pada Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Provinsi Riau tahun 2017 yang berlangsung di Hotel Furaya Pekanbaru, Jumat (28/7) malam.
 
Prestasi ini sekaligus mengantarkan tim tari SMK Negeri 1 Rengat untuk mewakili Provinsi Riau pada ajang FLS2N tingkat nasional yang akan diselenggarakan 24 sampai 30 September 2017 di Kupang, Nusa Tenggara Timur.
 
Pada ajang FLS2N tingkat Provinsi Riau tahun 2017 ini, tim tari SMKN 1 Rengat membawakan tarian berjudul Sigak Begawai yang diangkat dari budaya masyarakat adat Suku Talang Mamak di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).
 
Tarian yang dibawakan 5 penari yakni Atika Indah Putri, Suci Rahma Reza, Tiara Syafitri, Dewi Wulan dan Chanda Alfiecca Risma ini bercerita tentang seorang gadis Talang Mamak yang telah dilamar seorang laki-laki. Sebelum melaksanakan gawai (pesta), gadis Talang Mamak tersebut harus melaksanakan mandi tebibet diatas sebuah paran sebagai simbol untuk mensucikan diri.
 
Tarian hasil koregrafer Deri Ramunda dan guru pembimbing Astri Suryani, S.Pd ini diharapkan mampu memperkenalkan budaya Kabupaten Inhu, khususnya komunitas adat Suku Talang Mamak di-tingkat Provinsi Riau maupun nasional.
 
“Alhamdulillah, usaha dan kerja keras tim tari SMK Negeri 1 Rengat membuahkan prestasi untuk tingkat Provinsi Riau. Prestasi ini diharapkan mampu memberikan motivasi kepada seluruh warga sekolah untuk terus berlatih dalam bidang apapun, sehingga mampu meraih prestasi terbaik,” ujar Kepala SMK Negeri 1 Rengat, Drs H Adi Mirwan, Minggu (30/7).
 
Ditambahkan Adi Mirwan, terpilihnya tim tari SMK Negeri 1 Rengat mewakili Provinsi Riau pada ajang FLS2N tingkat nasional tahun 2017 ini sekaligus menambah daftar panjang prestasi yang telah ditorehkan SMK Negeri 1 Rengat pada ajang tahunan tersebut. “Hampir setiap tahun selalu ada siswa dan siswi kita yang terpilih mewakili Provinsi Riau di tingkat nasional. Tidak hanya di ajang FLS2N, termasuk juga di ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat nasional,” tuturnya.
 
Adi Mirwan mengucapkan terimakasih kepada pelatih, guru pembimbing, siswi serta seluruh warga SMKN 1 Rengat yang telah berusaha sehingga tim tari berhasil meraih prestasi terbaik di tingkat Provinsi Riau. Ia juga berharap dukungan dan doa seluruh masyarakat Riau, sehingga tim tari SMKN 1 Rengat dapat tampil baik dan kembali meraih prestasi membanggakan di tingkat nasional.
 
Sementara itu, Guru Pembimbing, Astri Suryani, S.Pd mengungkapkan bahwa untuk tampil di ajang FLS2N, tim tari SMK Negeri 1 Rengat sudah mempersiapkan diri sejak 5 bulan lalu. Persiapan dilakukan secara menyeluruh mulai dari olah tubuh, gerak hingga properti yang akan digunakan pada penampilan. (fer)

#Pendidikan

Index

Berita Lainnya

Index